fbpx

Pengujian Bibit Sawit Varietas Toleran Cekaman

Observasi ini bertujuan untuk membandingkan 2 jenis varietas bibit sawit toleran cekaman

Instrumen yang digunakan
PSY1 Psychrometer

Instalasi PSY1 psychrometer dilakukan pada pelepah bibit sawit. PSY1 memantau potensial air pada tanaman bibit sawit secara kontinyu. Potensial air pada tanaman mengindikasikan status kandungan air, ada tanaman yang sehat nilai potensial air pada malam hari 0 MPa, hal ini menunjukan tanaman telah terhidrasi dengan baik.  Pada siang hari, pola potensial air akan lebih negatif karena tanaman melakukan fotosintesis yang memerlukan air sebagai salah satu prosesnya.

Hasil pengamatan

Gambar diatas menunjukan kondisi 4 hari setelah bibit sawit dicekam, pada malam hari ke-1 terlihat terdapat perbedaan potensial air pada kedua bibit sawit. Pada varietas A potensial air kembali ke 0 sedangkan pada varietas B potensial air ±-0.2 MPa. Hal ini menunjukan varietas B masih dalam kondisi stress pada malam hari. Pada hari selanjutnya pola potensial air kedua bibit semakin menurun dengan pola yang sama.

Kesimpulan
PSY1 Psychrometer dapat digunakan untuk menguji varietas toleran cekaman dengan melakukan pengukuran potensial air. Selain itu pengujian dapat dilakukan dengan cepat dengan memantau secara kontinyu perubahan fisiologis pada tanaman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *