Empowering Agricultural Knowledge and Technology

Cari alat penelitian? Klik Produk Labodia

Empowering Agricultural Knowledge and Technology

Empowering Agricultural Knowledge and Technology

Cari alat penelitian? Klik Produk Labodia

Pengertian Potensial Air Tanah

Pengertian Potensial Air Tanah atau Soil Water Potential

Secara alamiah air akan bergerak dari tempat yang energi potensialnya lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah dan untuk menyeimbangkan dengan sekitarnya.

Air di tanah dipengaruhi sejumlah energi yang menyebabkan potensialnya berbeda dari dari air bebas.

Total potensial air (ψt) adalah gabungan dari berbagai energi yang berada pada pergerakan air di dalam tanah.

  • ψT  = ψm ­+ ψs + ψp + ψz
  • ­ψT  = potensial total
  • ψm = potensial  matrik
  • ψs  = potensial  osmotik
  • ψp = potensial  tekanan
  •  

Potensial matrik didefinisikan dalam kondisi tak jenuh, di mana gaya kapiler dan adsorpsi  membuat tekanan negatif.

Teori terapan untuk aliran dan transportasi dalam media berpori tak jenuh, terutama pada kondisi kadar air rendah, masing -masing gaya kapiler dan gaya adsorpsi dapat dihiraukan tanpa membedakan kontribusi individu untuk potensial matrik.

Potensial osmotik didefinisikan dengan adanya zat terlarut dalam air tanah. Pada lingkungan yang kering potensial osmotik secara signifikan mempengaruhi pergerakan air dibandingkan dengan potnsial tekanan dan potensial matrik.

Efek utama potensial osmotik berkaitan dengan penyerapan air oleh akar tanaman. Potensial osmotik biasanya diabaikan dalam menentukan pergerakan air, kecuali tanah dengan kadar garam tinggi.

Potensial tekanan adalah energi potensial yang disebabkan berat air pada satu titik menjadi pertimbangan, atau karena tekanan gas yang berbeda pada satu titik.

Potensial tekanan ini dibagi menjadi dua komponen terpisah: pada kondisi tanah jenuh tekanan hidrostatik menjadi komponen utama. Pada kondisi tanah tak jenuh pada pori tanah terdapat udara diantara air pori.

Potensial gravitasi adalah energi potensial yang berhubungan dengan posisi vertical dan dipengauhi gaya gravitasi.

Ketika air memasuki profil tanah, apabila drainase pada tanah baik maka sebagian besar pergerakan dipengaruhi gravitasi.

Keuntungan utama dari konsep potensial total adalah bahwa konsep ini memberikan ukuran terpadu dimana keadaan air dapat dievaluasi kapan saja dan di mana saja di dalam sistem tanah-tanaman-atmosfer.

Baca juga Apa itu Potensial Air Tanaman?

Daftar Pustaka

Baver, L.D., Gardner, W.H., Gardner, W.R., 1972. Soil Physics, fourth ed. Wiley, New York. Kirkham M. B., 2004. Principles of Soil and Plant Water Relations. Kansas State University. Throckmorton Plant Science Center, Manhattan

Facebook
Twitter
LinkedIn

Related:

Kapasitas Lapang dan Titik Layu Pada Tanaman

Penyerapan air oleh tanaman sangat tergantung dari kondisi air pada tanah tersebut. Selain itu karakteristik tanah juga dapat mempengaruhi akar dalam melakukan penyerapan air. Dalam memahami hubungan kadar air pada tanah dan tanaman, peneliti mendefinisikan batas – batas ketersediaan air ditanah dengan istilah kapasitas lapang dan titik layu.   KapasitasContinue Reading

Apa itu Soil Oxygen?

Oksigen merupakan unsur penting bagi pertumbuhan tanaman. Pengurangan konsentrasinya di dalam tanah mempengaruhi proses fisiologis tanaman seperti penyerapan air dan hara, serta respirasi, potensi redoks unsur tanah dan aktivitas mikroorganisme. Kandungan oksigen dalam tanah sekitar 20,6%. Konsentrasi oksigen tertinggi berada di dekat permukaan tanah dan menurun dengan bertambahnya kedalaman. SalahContinue Reading